Ketahui Makanan Untuk Meningkatkan Imun Tubuh Berikut Ini


Pandemi belum berakhir, menjaga kesehatan serta meningkatkan kekebalan tubuh sangat penting. Makanan yang dikonsumsi perlu diperhatikan baik-baik selain menerapkan protokol kesehatan dengan tepat. Makanan untuk meningkatkan imun tubuh sendiri ada beragam. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan jenis makanan yang bagus untuk memaksimalkan kekebalan tubuh.

Makanan Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Selain menerapkan gaya hidup sehat, menjaga pola makan yang baik dan benar juga penting dalam menjaga kesehatan. Tubuh bisa terhindar dari berbagai serangan virus jika bisa menerapkan pola makan yang baik. Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan kandungan nutrisi pada makanan yang akan dikonsumsi. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan yang bagus dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

1. Bawang Putih


Bawang Putih

Tidak hanya menjadi bumbu dalam berbagai masakan, bawang putih juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Pasalnya, bawang putih adalah jenis makanan yang mengandung sifat anti-virus alami. Dengan konsumsi bawang putih, berbagai penyakit seperti flu ataupun pilek bisa dihindari.

2. Jenis Buah-buahan yang Asam

Rekomendasi kedua adalah jenis buah yang asam. Buah-buahan yang memiliki rasa asam seperti jeruk lemon, anggur, atau jeruk, memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Nah, vitamin C inilah yang nantinya akan membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi buah-buahan asam ini secara rutin supaya kadar vitamin C tubuh senantiasa tercukupi.

3. Yoghurt


Yoghurt

Jenis makanan selanjutnya adalah yoghurt. Yoghurt mengandung probiotik alami yang baik untuk kesehatan tubuh. Probiotik adalah nutrisi yang bisa membantu tubuh menghambat perkembangan dan pertumbuhan bakteri usus yang bahaya. Prebiotik ini bisa membantu tubuh memproduksi antibodi tubuh secara alami juga. Untuk hasil yang lebih optimal, kamu bisa mengkonsumsi yoghurt tanpa rasa supaya lebih sehat.

4. Kunyit dan Jahe

Selain bawang putih, kamu juga bisa menggunakan kunyit untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dalam rempah ini, terkandung senyawa antioksidan dan antiinflamasi yang baik untuk kesehatan tubuh. Dua senyawa ini akan berperan untuk mengobati tubuh dari gejala peradangan. Curcumin dalam kunyit juga bisa membantu mempercepat penyembuhan luka ataupun infeksi. Inilah mengapa kunyit sangat baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Jahe yang mengeluarkan rasa hangat juga bisa menjadi pilihan makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Khasiat jahe sangat banyak termasuk untuk menurunkan kolesterol dan mengurangi nyeri kronis pada tubuh. Daya tahan tubuh kamu bisa menjadi lebih kuat dengan konsumsi jahe secara rutin.

5. Sayur Bayam


Sayur Bayam

Makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang terakhir adalah bayam. Jenis sayuran hijau ini mengandung banyak sekali zat antioksidan serta beta karoten. Kedua senyawa inilah yang berperan besar untuk melawan infeksi atau virus yang bisa menginfeksi kekebalan tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi bayam dengan cara diolah sebentar supaya nutrisinya tidak banyak hilang dan tetap optimal. 

Itulah berbagai makanan untuk meningkatkan imun tubuh bisa kamu konsumsi. Tentunya hindari makanan cepat saji atau junk food yang justru menjadi sumber segala macam penyakit. Baiknya maksimalkan mengkonsumsi makanan kaya nutrisi dari bahan alami yaitu sayur-sayuran dan buah-buahan.

Selain memperhatikan makanan untuk meningkatkan imun tubuh baiknya terapkan juga gaya hidup sehat. Lakukan olahraga secara rutin, pastikan melakukan olahraga setidaknya di waktu weekend. Lakukan secara rutin agar tubuh mendapatkan manfaat dari olahraga tersebut. Pastikan juga waktu istirahat tidak kurang karena saat tubuh kurang istirahat sistem kekebalan tubuh akan menurun dengan drastis.


Share :





Artikel Lain


Saat ini Indonesia berada di peringkat kelima negara dengan kekurangan gizi sedunia. Data Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa saat ini sekitar 900 ribu jiwa dari total 23 juta balita di seluruh Indonesia menderita kekurangan gizi. Dampak kekurangan gizi buruk tersebut tak hanya berimbas terhadap bentuk tubuh yang pendek maupun kurus, namun juga berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan sehingga ikut menurunkan kualitas sumber daya manusia.

Selengkapnya

Menjaga kesehatan anak di era digital mengalami banyak tantangan. Maraknya perkembangan teknologi dan gawai canggih membuat orang tua mesti putar akal agar anak-anak mereka tetap aktif dan sehat. Pasalnya, saat ini anak kian betah berlama-lama bermain dengan gawai. Akibatnya, anak akan menjadi tidak aktif dan mengalami perkembangan motorik yang lambat.

Selengkapnya

Tanggal 10 Oktober lalu bertepatan dengan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Seluruh dunia mulai membahas pentingnya kesehatan mental seperti depresi, stres, gelisah dan perubahan suasana hati. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia yang hidup dengan depresi.

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022