Intip Manfaat dan Jenis Olahraga Lari yang Bagus Untuk Kesehatan


Olahraga ada banyak jenisnya, salah satu yang paling mudah dilakukan adalah lari. Olahraga lari bisa dilakukan semua kalangan dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Manfaat yang diberikan untuk tubuh pun sangat banyak. Gerakan sederhana namun bisa menyehatkan tubuh secara maksimal adalah olahraga ini.

Pengertian dan Jenis Olahraga Lari



Pengertian olahraga lari adalah jenis olahraga yang bertumpu pada gerak kaki yang cepat.  Olahraga yang mudah dilakukan ini ternyata ada beberapa jenis. Semua jenis lari ini sendiri memiliki ciri khas masing-masing. Inilah beberapa jenis olahraga lari yang bisa kamu lakukan:

1. Sprint

Ini merupakan lari jarak pendek dengan jarak maksimal yaitu 100 meter. Jenis lari ini tidak membutuhkan tenaga terlalu banyak dan pengaturan nafasnya pun tidak terlalu susah dilakukan. Termasuk olahraga lari jarak pendek sering digunakan untuk pelatihan murid di sekolah.

2. Lari Jarak Pendek

Lari jarak pendek ini artinya jarak yang ditempuh hanya pada angka 100 hingga 400 meter. Fokus pada olahraga ini adalah kecepatan yang maksimal. Pelari harus memaksimalkan stamina dan tenaganya agar bisa lari secepat mungkin. Kuncinya ada pada tahap dorongan, percepatan, dan reaksi.

3. Lari Jarak Menengah

Untuk jenis yang satu ini jarak tempuhnya antara 800 sampai 1500 meter. Pelari harus menapakkan kaki bertumpu pada bagian ujung tumit dan menolakkan tapakan dengan ujung kaki. Posisi start dilakukan saat berdiri.

4. Marton

Termasuk lari jarak jauh dengan jarak paling jauh 10km dan paling dekat 3 km. Ini cukup populer dan diminati banyak orang. Kecepatan tidak diutamakan di sini, yang terpenting bisa sampai finish meski lari kecil. Perlu persiapan yang matang untuk melakukan olahraga ini karena jika tidak bisa menyebabkan dehidrasi, cedera, dan juga lelah yang berlebihan.

5. Estafet

Jenis lari yang sering dijadikan perlombaan dan bisa disebut dengan lari sambung. Cara melakukannya harus ada satu tim dengan 4 orang pelari yang nantinya berlari secara bersambung dengan membawa sebuah tongkat estafet. Jarak yang harus dilalui antara 100 meter sampai 400 meter, artinya setiap pelari harus menempuh 4 x 100 meter atau 400 meter.

6. Jogging

Termasuk dalam jenis lari namun dilakukan dengan langkah pendek dan tidak memerlukan tenaga ekstra. Jogging ini jenis lari yang tidak mengutamakan kecepatan, yang perlu dilakukan adalah berlari kecil dengan irama yang teratur.

Apa Manfaat Lari Untuk Tubuh?


Apa Manfaat Lari Untuk Tubuh

Olahraga lari bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa memandang usia. Gerakan lari sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh sehingga bisa selalu bugar dan terhindar dari beragam penyakit yang berbahaya. Manfaat lari yang bisa didapatkan antara lain:

1. Berat Badan Ideal

Melakukan olahraga lari secara rutin bisa membantu tubuh memiliki berat badan yang ideal. Bagi orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan olahraga ini sangat direkomendasikan. Kalori yang terbakar dengan melakukan gerakan lari cukup besar, tentunya harus dilakukan secara rutin dengan kecepatan dan jarak tertentu.

2. Mengurangi Stres

Melakukan olahraga lari biasanya di tempat terbuka, ini bagus sekali untuk memperbaiki mood yang sedang rusak menjadi lebih baik. Selain karena pemandangan, gerakan lari sendiri meningkatkan produksi hormone endorphin yang bisa memperbaiki mood yang kurang baik.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang adalah salah satu bagian tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Selain memaksimalkan konsumsi kalsium olahraga juga perlu dilakukan. Lari bisa mencegah tulang mengalami osteoporosis. Tulang bisa lebih kuat jika rutin berlari.

4. Menyehatkan Jantung

Saat berlari detak jantung akan meningkat dan itu bagus sekali dalam menjaga kesehatan jantung itu sendiri. Selain itu gerakan lari bisa melancarkan peredaran darah dan meningkatkan hormon yang membuat kerja otot jantung bisa optimal. Jantung pun bisa terhindar dari beragam penyakit yang berbahaya.

5. Menjaga Kesehatan Lutut

Lutut rawan mengalami pengeroposan, untuk pencegahan melakukan olahraga lari secara rutin adalah jawabannya. Kesehatan lutut akan lebih terjaga dengan melakukan gerakan lari secara rutin. Sebab lari bisa menyehatkan dan menguatkan tulang sehingga bisa mencegah terjadinya pengeroposan tulang terutama pada bagian lutut.

Itulah pengertian, jenis, dan manfaat olahraga lari yang harus Anda tahu. Tidak hanya sangat bermanfaat untuk kesehatan, olahraga ini juga sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan banyak peralatan. 


Share :





Artikel Lain


Seperti halnya dunia kuliner, fashion, dan kesehatan, pergantian tahun ini akan diwarnai pula dengan perubahan tren di dunia keuangan. Sejumlah tren keuangan di tahun 2018 akan masih dijalankan di tahun 2019. Bahkan secara intensitas dan pelaku akan semakin bertambah sehingga tren keuangan tersebut semakin populer di masyarakat.

Selengkapnya

Jelang akhir tahun, mulai bertebaran acara-acara seru. Mulai dari festival musik, festival film, sampai festival konten digital. Apapun festival dan konser yang akan didatangi, ada beberapa tips simpel biar terasa maksimal saat menikmati acaranya.

Selengkapnya

Sejak dahulu, ayah punya peran penting dalam pola asuh anak. Tak hanya pandai menafkahi keluarga, namun sosok seorang ayah dianggap wajib memiliki beberapa keterampilan yang mampu membuatnya jadi panutan sang buah hati.

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022