6 Tips Cara Menghilangkan Stres yang Efektif dan Aman


Tingginya tuntutan dan kebutuhan hidup serta kondisi perekonomian yang sedang susah rawan membuat orang menjadi stres. Jika tidak segera diatasi dengan cara menghilangkan stres yang benar dan tepat bisa saja yang bersangkutan mengalami gangguan mental. Ya, stres merupakan salah satu kondisi yang bisa menyebabkan terganggunya kesehatan mental pada seseorang.

Padahal kenyataannya bisa saja hal yang dianggap kecil dan sepele oleh orang lain menjadi masalah besar bagi seseorang serta membuatnya stres. Itu artinya penyebab stres bisa bermacam-macam dan tidak  bisa disamaratakan antara satu orang dengan lainnya. Oleh sebab itu ada baiknya setiap orang tahu bagaimana cara terbaik untuk mengatasi stres yang dialaminya.

Tips untuk Mengatasi dan Menghilangkan Stres

Stres pada umumnya hanya bisa dirasakan oleh yang bersangkutan karena penyebabnya bermacam-macam sangat mungkin orang lain tidak mengetahuinya. Nah, agar stres yang datang tersebut tidak berlarut-larut segera atasi dan hilangkan melalui beberapa cara seperti di bawah ini.

1. Curhat pada Orang Lain

Curhat_pada_Orang_Lain


Setiap orang di dunia ini pasti memiliki masalah dari yang kecil hingga besar. Stres datang ketika orang tersebut merasa tidak memiliki solusi atas permasalahan yang dialaminya tersebut. Akibatnya semua masalah yang dirasakannya tersebut berubah menjadi tekanan yang berat.

Untuk meringankan tekanan dan beban masalah tersebut sebaiknya ceritakan kepada orang yang bisa dipercaya. Curhat tentang semua permasalahan yang dihadapi kepada orang lain yang paling dipercaya agar tekanan dan beban berkurang sehingga tidak menjadi stres berkepanjangan. Dengan cara bercerita kepada orang lain bisa saja ditemukan jalan keluar yang baik.

2. Lakukan Hobi dan Aktivitas Menyenangkan

Cara untuk mengurangi dan menghilangkan rasa stres selanjutnya yaitu dengan melakukan hobi. Menyalurkan hobi membuat beban menjadi berkurang dan mengurangi tekanan pikiran pemicu stres. Selain melakukan hobi, menghilangkan stres bisa juga dilakukan melalui berbagai aktivitas yang menyenangkan. Misalnya seperti jalan-jalan, berbelanja, nonton film, main game dan sebagainya.

3. Olahraga Teratur

Lakukan_Hobi_dan_Aktivitas_Menyenangkan

Saat stres menghampiri hilangkan dengan melakukan olahraga seperti jogging, jalan santai pagi atau bersepeda. Selain bisa menyehatkan badan, olahraga akan membuat pikiran teralihkan pada hal-hal yang positif sehingga suasana hati bisa lebih menyenangkan.

Tidak perlu terlalu lama melakukan olahraga cukup 30 menit hingga satu jam saja asal teratur. Berolahraga rutin setiap hari adalah cara mudah dan cukup efektir untuk menghilangkan rasa stres.

4. Lakukan Meditasi

Melakukan relaksasi juga salah satu cara efektif untuk menghilangkan stres yang mendera pikiran. Cara relaksasi yang ampuh yaitu dengan yoga atau meditasi. Lakukan meditasi dengan durasi antara 10 sampai 15 menit setiap 4 atau 5 hari sekali. Seperti olahraga, selain bisa menurunkan hormon stres melakukan meditasi akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

5. Jalankan Pola Hidup Sehat

alankan_Pola_Hidup_Sehat

Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi untuk mengantisipasi stres yang datang. Perlu diketahui bahwa beberapa jenis makanan bisa membuat rileks dan menurunkan stres seperti buah-buahan, oatmeal, ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Hindari minuman beralkohol, rokok dan obat-obatan terlarang (narkoba) agar stres tidak semakin parah. Stres juga bisa dikurangi dan dihindari dengan istirahat yang cukup dan konsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang.

6. Datang kepada Ahli

Jika semua tips di atas ternyata belum bisa menghilangkan stres maka satu-satunya cara yang aman dan efektif adalah dengan mendatangi ahlinya. Segera datangi psikiater atau psikolog untuk meminta bantuan agar stres bisa segera diatasi dengan benar.

Itulah beberapa cara menghilangkan yang bisa dilakukan. Pada dasarnya, sangat penting untuk mengatasi stress yang dirasakan pada seseorang. Sebab, stres yang tidak segera diatasi dengan benar berpotensi menyebabkan masalah kesehatan mental serius pada yang mengalaminya. 


Share :





Artikel Lain


Saat ini Indonesia berada di peringkat kelima negara dengan kekurangan gizi sedunia. Data Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa saat ini sekitar 900 ribu jiwa dari total 23 juta balita di seluruh Indonesia menderita kekurangan gizi. Dampak kekurangan gizi buruk tersebut tak hanya berimbas terhadap bentuk tubuh yang pendek maupun kurus, namun juga berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan sehingga ikut menurunkan kualitas sumber daya manusia.

Selengkapnya

Menjaga kesehatan anak di era digital mengalami banyak tantangan. Maraknya perkembangan teknologi dan gawai canggih membuat orang tua mesti putar akal agar anak-anak mereka tetap aktif dan sehat. Pasalnya, saat ini anak kian betah berlama-lama bermain dengan gawai. Akibatnya, anak akan menjadi tidak aktif dan mengalami perkembangan motorik yang lambat.

Selengkapnya

Tanggal 10 Oktober lalu bertepatan dengan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Seluruh dunia mulai membahas pentingnya kesehatan mental seperti depresi, stres, gelisah dan perubahan suasana hati. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia yang hidup dengan depresi.

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022