Simak Pengertian Hedonisme, Penyebab, dan Dampaknya


Salah satu istilah yang terkait dengan cara pandang atau perilaku hidup seseorang adalah hedonisme. Sederhananya, ini merupakan salah satu sifat orang yang merugikan karena suka menghamburkan uang dan hanya memikirkan kebahagiaan sesaat di dunia. Untuk bisa lebih memahami tentang ideologi tersebut mari simak ulasan tentang pengertian, penyebab dan dampak hedonisme.

Pengertian dari Hedonisme

 

Hedonisme memang selalu dikaitkan dengan sifat boros, Jika dilihat dari pendapat ahli hedonism ini adalah sesuatu yang dianggap tidak baik, yang dianggap tidak sesuai dengan kesenangan yang didatangkannya. Bisa diartikan hedonism ini merupakan sesuatu yang cuma bisa mendatangkan kesusahan, penderitaan, dan sesuatu yang tidak menyenangkan dan sesuatu yang tidak baik.

Ada juga pengertian dari Collins Gem yang menyebutkan hedonism adalah doktrin yang menyatakan kalau kesenangan adalah hal yang paling penting di dalam kehidupan seseorang. Dapat diartikan kalau hedonism tersebut adalah suatu paham yang diyakini masyarakat yang hanya mencari kesenangan semata.

Penyebab Munculnya Hedonisme


Sebuah gaya hidup tentu tidak muncul dengan sendirinya tantu semua itu ada karena ada penyebabnya. Ada faktor pendukung yang akhirnya menghadirkan ideology hedonism di tengah masyarakat. Berikut ini adalah faktor-faktor yang mendukung munculnya ideologi hedon.

1. Faktor Internal

Maksud dari faktor internal ini adalah penyebab munculnya hedon adalah diri sendiri. Ini termasuk faktor paling utama seseorang pada akhirnya menganut ideology hedon. Setiap orang tentu memiliki sifat yang paling dasar yaitu mempunyai banyak kesenangan dan kebahagiaan. Belum lagi sifat manusia yang memang tidak akan mudah merasa puas akan apa yang sudah dicapai dan dimiliki. Inilah yang akhirnya menggiring seseorang menganut ideology hedon tersebut.

2. Faktor Eksternal

Selanjutnya ada juga faktor dari luar diri sendiri yang disebut dengan faktor eksternal. Biasanya pemicu munculnya ideologi hedonism ini adalah informasi atau era globalisasi. Ditunjang dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat yang akhirnya menyediakan internet dan media sosial di tengah masyarakat.

Hal tersebut akhirnya memperlihatkan bagaimana kehidupan orang lain yang tanpa sadar kebiasaan-kebiasaan serta paham yang ada di dunia maya atau di lingkungannya menarik seseorang untuk mengadopsinya. Dari situlah muncul gaya hedonism.

Dampak dari Hedonism


Gaya hidup hedonism ini tentu akan memberikan dampak pada orang yang menganutnya juga pada lingkungan orang tersebut. Sayangnya dampak yang ditimbulkan cenderung kearah yang negatif daripada yang positif. Berikut ini penjelasan singkatnya:

1. Individualis

Gaya hidup hedonism ini membuat orang jadi lebih individualis. Bisa dikatakan orang seperti ini menganggap dirinya sendiri lebih penting daripada orang lain disekitarnya. Ini tentu sangat berdampak pada orang disekitarnya karena orang seperti ini akan cenderung egois dan tidak peduli dengan sesama.

2. Konsumtif

Selanjutnya dampak lain dari hedonism adalah konsumtif. Ini tentu akan merugikan diri sendiri karena bisa mengarah pada kebangkrutan. Barang-barang yang tidak dibutuhkan atau tidak terlalu mendesak tetap dibeli dan akhirnya nanti juga tidak akan terpakai. Membeli barang bukan dilihat dari kebutuhan tapi demi kesenangan semata.

3. Pemalas

Orang yang menerapkan gaya hidup hedonism ini cenderung jadi orang yang pemalas. Orang yang pikirannya hanya untuk bersenang-senang tentu akan jadi pemalas dan suka membuang waktu. Ini selain merugikan diri sendiri tentu merugikan orang disekitarnya juga.

4. Tidak Bertanggung Jawab

Selain jadi orang malas, orang yang hanya mementingkan kesenangan diri sendiri tentu juga akan lalai dalam tanggung jawab. Orang yang menganut ideology hedon ini cenderung suka-suka atau seenaknya sendiri tanpa memikirkan orang lain.

5. Boros

Demi memenuhi tuntutan kesenangan pribadi orang dengan gaya hidup hedon akan cenderung boros. Mereka akan dengan mudah menghamburkan uang tanpa memikirkan manfaatnya.Dari sifat boros yang tidak terkontrol ini lama kelamaan bisa menggiring orang untuk melakukan korupsi demi memenuhi gaya hidup hedon tersebut.

Itu dia sedikit ulasan tentang hedonisme berikut penyebab dan dampak hedonisme. Pada dasarnya, hedonisme memang memiliki dampak dan arah perilaku yang cenderung negatif dan bisa merugikan diri sendiri. Jadi, sebaiknya hindari gaya hidup semacam ini agar tidak menyusahkan diri sendiri dikemudian hari. 


Share :





Artikel Lain


Seperti halnya dunia kuliner, fashion, dan kesehatan, pergantian tahun ini akan diwarnai pula dengan perubahan tren di dunia keuangan. Sejumlah tren keuangan di tahun 2018 akan masih dijalankan di tahun 2019. Bahkan secara intensitas dan pelaku akan semakin bertambah sehingga tren keuangan tersebut semakin populer di masyarakat.

Selengkapnya

Jelang akhir tahun, mulai bertebaran acara-acara seru. Mulai dari festival musik, festival film, sampai festival konten digital. Apapun festival dan konser yang akan didatangi, ada beberapa tips simpel biar terasa maksimal saat menikmati acaranya.

Selengkapnya

Sejak dahulu, ayah punya peran penting dalam pola asuh anak. Tak hanya pandai menafkahi keluarga, namun sosok seorang ayah dianggap wajib memiliki beberapa keterampilan yang mampu membuatnya jadi panutan sang buah hati.

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022