5 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah Untuk Menambah Massa Otot

image

Kesadaran masyarakat Indonesia akan kesehatan tubuh kini semakin meningkat. Bagaimana dimulai dari keinginan untuk mengikuti gaya hidup yang sehat dengan tujuan meningkatkan kesehatan tubuh, kini berkembang menjadi berbagai aktivitas dan pola hidup yang sesuai dengan minat masing-masing.

Salah satu pola hidup sehat yang menjadi pilihan populer adalah berolahraga di rumah dengan tujuan meningkatkan massa otot. Pola hidup sehat bagi seseorang yang tidak hanya menyehatkan tubuh akan tetapi juga membentuk dan meningkatkan massa tubuh untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan diinginkan.

Berikut 5 Olahraga Meningkatkan Massa Otot yang Bisa Dilakukan Di Rumah.


1. Squat


Olahraga Squat dilakukan dengan cara:

  • Berdiri dengan menjajarkan kaki dengan pundak.
  • Perlahan berjongkok hingga posisi paha sejajar dengan lantai.
  • Tumpukan berat badan pada tumit.
  • Lakukan 8 repetisi sebanyak 3 - 4 set.

Olahraga ini dinilai sangat mudah untuk dilakukan, dikarenakan tidak memerlukan peralatanan tambahan maupun ruangan yang luas. Squat akan mengencakangkan dan membentuk otot bagian bawah seperti otot bokong, paha, dan betis.


2. Push Up


Olahraga Push Up dilakukan dengan cara:

  • Posisikan kedua telapak tangan di lantai.
  • Pastikan posisi tangan lebih lebar dari pundak.
  • Turunkan dada secara perlahan.
  • Naikan dada secara perlahan.
  • Lakukan 8 repetisi sebanyak 3 - 4 set.

Olahraga ini dapat dilakukan di rumah tanpa memerlukan alat khusus, hanya dengan menggunakan beban dari tubuh kita. Push up sangat baik dilakukan karena dapat mengembangkan massa otot dada, pundak dan juga perut.


3. Dips


Olahraga Dips dilakukan dengan cara:

  • Menopang tangan pada 2 titik yang sejajar.
  • Perlahan menurunkan dan menaikan badan
  • Lakukan 8 repetisi sebanyak 3- 4 set.

Olahraga sederhana ini dapat dilakukan dengan alat yang dapat ditemui di rumah seperti menggunakan anak tangga, kursi, meja, dll sebagai penopang tangan. Dips merupakan jenis olahraga yang tegolong ringan untuk dilakukan oleh sebagian besar orang dengan manfaat peningkatan massa otot di bagian dada dan lengan.


4. Pull Up


Olahraga Pull Up dilakukan dengan cara:

  • Menggenggam Pull Up bar.
  • Menaikan tubuh hingga dagu melewati pull up bar.
  • Lakukan repetisi sebanyak 10 - 15 kali.

Olahraga ini memerlukan alat yang disebut sebagai pull up bar, akan tetapi alat ini mudah di posisikan dan digunakan di dalam rumah tergantung pada jenis pull up bar yang digunakan. Pull Up merupakan olahraga yang tergolong cukup berat untuk dilakukan, akan tetapi pull up dapat meningkatkan massa otot secara signifikan di bagian lengan, bahu serta dada.


5. Mengangkat Beban (Dumbbell)


Olah raga Mengangkat Beban (Dumbbell) dilakukan dengan cara:

  • Menggenggam beban (dumbbell)
  • Mengangkat dan menurunkan beban
  • Lakukan 8 repetisi sebanyak 3- 4 set.

Olahraga ini memerlukan sebuah benda dengan beban tertentu, benda tersebut bisa menggunakan benda apapun, akan tetapi disarankan untuk menggunakan dumbbell dikarenakan bentuknya yang memperkecil risiko cidera pada saat pemakaian. Olahraga ini dapat meningkatkan massa otot khususnya di bagian lengan dan dada.


Olahraga tersebut tidak hanya memberikan manfaat kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai macam penyakit, olah raga ini juga membentuk tubuh menjadi bentuk tubuh ideal yang diinginkan. Olahraga yang baik dilakukan berdasarkan kemampuan masing ? masing tanpa mencederai diri.



Share :





Artikel Lain


Saat ini Indonesia berada di peringkat kelima negara dengan kekurangan gizi sedunia. Data Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa saat ini sekitar 900 ribu jiwa dari total 23 juta balita di seluruh Indonesia menderita kekurangan gizi. Dampak kekurangan gizi buruk tersebut tak hanya berimbas terhadap bentuk tubuh yang pendek maupun kurus, namun juga berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan sehingga ikut menurunkan kualitas sumber daya manusia.

Selengkapnya

Menjaga kesehatan anak di era digital mengalami banyak tantangan. Maraknya perkembangan teknologi dan gawai canggih membuat orang tua mesti putar akal agar anak-anak mereka tetap aktif dan sehat. Pasalnya, saat ini anak kian betah berlama-lama bermain dengan gawai. Akibatnya, anak akan menjadi tidak aktif dan mengalami perkembangan motorik yang lambat.

Selengkapnya

Tanggal 10 Oktober lalu bertepatan dengan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Seluruh dunia mulai membahas pentingnya kesehatan mental seperti depresi, stres, gelisah dan perubahan suasana hati. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia yang hidup dengan depresi.

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022