7 Pola Hidup Sehat yang Kamu Bisa Ikuti Melewati Masa Pandemi

image

Halo sobat Klikasuransiku! Masa pandemi COVID-19 hingga kini masih belum berakhir. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk mengikuti protokol kesehatan oleh pemerintah agar bisa terhindar dari paparan virus COVID-19.

Kemudian kita juga dianjurkan untuk menjalankan pola hidup yang sehat. Dengan pola hidup yang sehat kita bisa menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh kita dan memperkecil kemungkinan terjangkit nya virus COVID-19.

Terdapat berbagai pola hidup sehat yang bisa diikuti, berikut:

Rutinitas Hidup Menyehatkan yang Bisa Kamu Ikuti Melewati Masa Pandemi.


1. Mengkonsumsi Makanan yang Bergizi


Terkadang kita kurang memperhatikan kandungan gizi dari makanan yang kita konsumsi. Mengurangi makanan instan dan fast food dan menggantinya dengan makan - makanan segar seperti buah - buahan dan sayuran memang sulit, akan tetapi kita juga perlu menyadari bahwa pentingnya kandungan nutrisi, vitamin dan mineral di dalam buah - buahan dan sayuran segar yang sangat baik untuk sistem pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh kita.


2. Rutin Berolahraga


Saat ini sebagian besar aktivitas yang kita lakukan terjadi di dalam rumah. Terkadang terlalu lama di rumah menyebabkan kita malas menggerakkan tubuh kita, akan tetapi mulailah melakukan olah raga sederhana seperti: melakukan streatching, yoga, jogging atau bersepeda selama 15 menit setiap harinya. Karena dengan melakukan olah raga ringan tersebut, kita akan memacu proses regenerasisme dan metabolisme tubuh yang akan membuat tubuh kita semakin sehat dan jauh dari penyakit.


3. Istirahat yang Cukup


Waktu untuk istirahat merupakan waktu yang mudah kita lupakan akan tetapi memiliki dampak yang sangat signifikan. Dengan mendapatkan waktu tidur selama 7 ? 8 jam setiap harinya maka tubuh akan mendapatkan waktu yang cukup untuk melakukan perbaikan sel ? sel secara menyeluruh dan perbaikan sel ? sel tersebut akan meningkatkan tingkat daya tahan tubuh.


4. Menjaga Kebersihan Diri


Kebersihan diri dan kesehatan diri memiliki keterkaitan yang sangat erat, dimana nilai kebersihan diri menggambarkan kesehatan seseorang. Menurut World Health Organization (WHO) menjaga kebersihan diri dengan sering mencuci tangan, muka, dan mandi menggunakan air dan sabun akan mengurangi kemungkinan penyebaran penyakit kepada diri sendiri maupun ke orang lain.


5. Mencukupi Tingkat Hidrasi Tubuh


Sering sekali kita melupakan kebutuhan dasar kita yang satu ini. Tubuh kita selalu kehilangan air setia harinya melalui bentuk urine, keringat dan pernapasan sehingga kita harus bisa mengimbangi pengeluaran air tersebut dengan minum air putih.

Menurut Institute of Medicine's Food and Nutrition Board dengan meminum air putih setidaknya sebanyak 2,7 liter per hari untuk wanita dan 3,7 liter air per harinya untuk pria kita sudah mencukupi keperluan tubuh kita atas asupan air yang cukup.

dengan asupan air yang cukup makan kita menghindari perlambatan peredaran oksigen melalui peredaran darah yang mengakibatkan rasa mudah lemas dan lesu.


6. Mengendalikan Stres


Kesehatan mental juga menjadi perhatian dari pola hidup sehat. Bagaimana semakin tingginya tingkat stres seseorang akan menyebabkan ketidak normalan level imunitas orang tersebut dan membuat bakteri dan virus lebih mudah menjanngkit kesehatan tubuh.

Sangat disarankan untuk melatih diri menghadapi stres dengan cara berfikir secara positif atau melakukan jeda istirahat melakukan refreshing sederhana seperti melakukan pernapasan yoga selama 5 menit atau mendengarkan lagu untuk menenangkan hati dan pikiran dari stres.


7. Menghindari kebiasaan buruk.


Terdapat beberapa kebiasaan buruk yang sayangnya sudah menjadi bagian dari pola hidup kita. Menyadari bahwa hal tersebut adalah bagian dari pola hidup yang tidak baik adalah hal pertama yang sangat penting untuk kita sadar. Pola hidup yang buruk seperti merokok, makan fast food berlebih, tidak berolahraga, dll.

hal yang perlu kita lakukan untuk menghilangkan kebiasaan buruk ini dimulai dari secara perlahan mengurangi polah hidup yang buruk tersebut dan menggantinya dengan pola hidup rutinitas yang lebih menyehatkan seperti membaca buku, berolahraga, mengatur jam tidur secara teratur dll.

Jadi ingat sobat Klikasuransiku! Pola hidup yang sehat akan menjauhkan diri kita dari berbagai macam penyakit dan virus ? virus yang ada di sekitar kita. Selalu jaga kesehatan diri dengan pola hidup yang sehat karena kesehatan diri juga menjaga kesehatan orang di sekitar kita.



Share :





Artikel Lain


Saat ini Indonesia berada di peringkat kelima negara dengan kekurangan gizi sedunia. Data Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa saat ini sekitar 900 ribu jiwa dari total 23 juta balita di seluruh Indonesia menderita kekurangan gizi. Dampak kekurangan gizi buruk tersebut tak hanya berimbas terhadap bentuk tubuh yang pendek maupun kurus, namun juga berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan sehingga ikut menurunkan kualitas sumber daya manusia.

Selengkapnya

Menjaga kesehatan anak di era digital mengalami banyak tantangan. Maraknya perkembangan teknologi dan gawai canggih membuat orang tua mesti putar akal agar anak-anak mereka tetap aktif dan sehat. Pasalnya, saat ini anak kian betah berlama-lama bermain dengan gawai. Akibatnya, anak akan menjadi tidak aktif dan mengalami perkembangan motorik yang lambat.

Selengkapnya

Tanggal 10 Oktober lalu bertepatan dengan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Seluruh dunia mulai membahas pentingnya kesehatan mental seperti depresi, stres, gelisah dan perubahan suasana hati. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia yang hidup dengan depresi.

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022