5 Manfaat Bermain Catur Bagi Kesehatan


Catur merupakan salah satu olahraga yang tidak menggunakan kontak fisik. Olahraga ini mengutamakan kemampuan otak dalam permainannya. Catur dimainkan oleh 2 orang yang masing-masing memainkan sisi hitam dan putih di atas papan catur.

Olahraga ini memiliki banyak manfaat bagi Kesehatan. Berikut adalah 5 manfaat bermain catur bagi kesehatan.

  1. Optimalisasi Daya Ingat
    Para pemain catur memiliki berbagai macam strategi dalam bermain. Jam terbang yang tinggi dan berbagai lawan yang pernah dihadapi akan meningkatkan daya ingat dalam mengusai strategi olahraga ini.
  2. Mencegah Alzheimer
    Bermain catur juga bisa menurunkan risiko Alzheimer, yaitu penyakit yang menurunkan daya ingat dan kemampuan untuk berpikir dan berbicara.
  3. Meningkatkan Perkembangan Otak
    Perkembangan otak akan lebih maksimal dengan bermain catur. Kedua sisi otak akan lebih aktif dan sekaligus meningkatkan kreativitas.
  4. Membantu Proses Penyembuhan Stroke
    Kemampuan motorik seorang pasien stroke akan terbantu pada masa penyembuhannya dengan bermain catur. Karena dalam bermain catur pemain harus meletakan buah catur sesuai aturan Langkah masing-masing buah catur.
  5. Meningkatkan Daya Konsentrasi
    Konsentrasi sangat diperlukan dalam bermain catur. Membangun strategi dan menciptakan jalan keluar untuk mencapai kemenangan dapat meningkatkan daya konsentrasi para pemain catur.


Share :





Artikel Lain


Saat ini Indonesia berada di peringkat kelima negara dengan kekurangan gizi sedunia. Data Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa saat ini sekitar 900 ribu jiwa dari total 23 juta balita di seluruh Indonesia menderita kekurangan gizi. Dampak kekurangan gizi buruk tersebut tak hanya berimbas terhadap bentuk tubuh yang pendek maupun kurus, namun juga berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan sehingga ikut menurunkan kualitas sumber daya manusia.

Selengkapnya

Menjaga kesehatan anak di era digital mengalami banyak tantangan. Maraknya perkembangan teknologi dan gawai canggih membuat orang tua mesti putar akal agar anak-anak mereka tetap aktif dan sehat. Pasalnya, saat ini anak kian betah berlama-lama bermain dengan gawai. Akibatnya, anak akan menjadi tidak aktif dan mengalami perkembangan motorik yang lambat.

Selengkapnya

Tanggal 10 Oktober lalu bertepatan dengan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Seluruh dunia mulai membahas pentingnya kesehatan mental seperti depresi, stres, gelisah dan perubahan suasana hati. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia yang hidup dengan depresi.

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022