Kenali Kanker Payudara dan Biaya Pengobatan Secara Lengkap


Kanker payudara menjadi salah satu penyebab utama kematian wanita tertinggi di dunia yang patut diwaspadai. Meskipun mayoritas penderita adalah wanita, namun penyakit ini juga bisa menyerang kaum pria. Mengingat bahwa biaya pengobatan yang cukup tinggi dan penyakit ini juga cukup berbahaya, maka sangat penting untuk mengenali kanker payudara serta biaya pengobatannya secara lengkap di Klikasuransiku.

Definisi Kanker Payudara


Definisi Kanker Payudara


Kanker payudara merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang terjadi pada bagian payudara. Penyakit ini terjadi karena adanya pertumbuhan sel-sel yang tidak normal serta tidak terkontrol di dalam payudara. Awalnya, sel kanker tersebut sama seperti sel-sel normal lainnya di dalam tubuh. Namun, sel-sel tersebut mempunyai perilaku yang berbeda dengan sel normal lainnya.

Sel kanker umumnya akan membelah dengan cepat, sehingga sulit untuk dikontrol dan dapat menyebar ke berbagai jaringan yang ada di sekitarnya. Bahkan, sel-sel kanker juga dapat berkembang hingga ke organ-organ lain di dalam tubuh. Pada payudara, sel-sel tersebut dapat berasal dari kelenjar susu (lobulus), saluran susu (duktus), atau dari jaringan ikat yang ada di dalamnya.

Sebagian besar kasus kanker payudara (sekitar 70%) berawal dari pembentukan sel-sel yang abnormal di saluran susu (duktus). Sementara itu, sekitar 15% kasus kanker payudara disebabkan karena pembentukan sel-sel abnormal dalam kelenjar susu (lobulus). Sisanya adalah kanker payudara yang bermula dari jaringan ikat, namun kondisi ini jarang terjadi.

Penyebab Kanker Payudara


Penyebab Kanker Payudara


Kanker payudara awalnya disebabkan karena adanya perkembangan sel-sel yang abnormal di sekitar payudara. Kumpulan sel-sel abnormal atau sel kanker tersebut kemudian akan membentuk tumor ganas. Selanjutnya, tumor ganas tersebut akan membentuk benjolan pada payudara dan bisa menyebar ke jaringan yang ada disekitarnya atau ke bagian tubuh lainnya.

Pada dasarnya, penyebab terbentuknya sel-sel kanker di payudara belum diketahui secara pasti. Namun, sekitar 5-10% penyakit kanker payudara bisa diturunkan secara genetik. Selain faktor keturunan, ada beberapa faktor lainnya yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami kanker payudara. Faktor risiko tersebut terdiri atas faktor yang dapat dikontrol dan faktor yang tidak dapat dikontrol.

Faktor risiko penyebab kanker payudara yang dapat dikontrol antara lain diet tinggi lemak, berat badan berlebih (obesitas), tidak menikah, tidak memiliki anak, dan tidak menyusui. Sementara faktor risiko penyebab kanker payudara yang tidak dapat dikontrol meliputi usia di atas 30 tahun, menjalankan terapi hormonal, menopause terlambat di atas 55 tahun, riwayat keluarga, radiasi dada, operasi ginekologi, menstruasi pertama di bawah 12 tahun, dan pernah operasi tumor jinak di payudara.

Jenis dan Estimasi Biaya Pengobatan Kanker Payudara


Jenis dan Estimasi Biaya Pengobatan Kanker Payudara


Inilah beberapa jenis sekaligus estimasi biaya pengobatan kanker payudara:

1. Operasi

Operasi kanker payudara bertujuan untuk mengangkat sel kanker dari tubuh. Umumnya, pengobatan dengan cara operasi dilakukan jika kanker masih berada dalam stadium awal serta belum menyebar ke jaringan atau organ tubuh lainnya.

Jenis pembedahan atau operasi kanker payudara pun bervariasi, tergantung dari jenis dan karakteristik kanker itu sendiri. Ada operasi kanker payudara yang dilakukan hanya dengan mengangkat jaringan sel yang bermasalah saja. Namun, ada pula yang mengharuskan pembedahan dengan mengangkat seluruh bagian payudara.

Biaya operasi kanker payudara cukup beragam. Besar kecilnya biaya tergantung dari tingkat keparahan penyakit kanker payudara itu sendiri. Semakin tinggi stadium kanker payudara, maka biaya operasi yang dibutuhkan pun akan semakin mahal. Sebagai contoh, biaya operasi kanker payudara di beberapa Rumah Sakit (RS) di Jakarta, umumnya sekitar Rp40.000.000,- sampai Rp50.000.000,-.

2. Kemoterapi

Kemoterapi adalah pengobatan kanker payudara yang paling dianjurkan apabila sel kanker telah menyebar ke area tubuh lainnya. Sebab, efek kemoterapi akan menyebar ke seluruh tubuh atau tidak menargetkan ke area tertentu secara spesifik. Kemoterapi sendiri merupakan tindakan medis yang dilakukan menggunakan obat dengan tujuan membunuh sel kanker serta sel abnormal dalam tubuh.

Kemoterapi lebih mengedepankan metode pengobatan menggunakan obat-obatan atau zat kimia untuk membunuh sel abnormal di dalam tubuh. Cara kerja obat-obatan tersebut adalah dengan fokus menghancurkan metabolisme atau struktur sel-sel kanker tersebut.

Umumnya, penderita kanker membutuhkan tindakan kemoterapi sebanyak 12-24 kali untuk membasmi sel kanker dalam tubuhnya. Biaya yang dibutuhkan untuk setiap kali melakukan tindakan kemoterapi tersebut biasanya mulai dari Rp2.000.000,-.

3. Radioterapi

Radioterapi merupakan tindakan medis yang umumnya diaplikasikan kepada penderita kanker saat masih stadium awal. Tindakan ini dilakukan dengan tujuan untuk menghancurkan sel-sel kanker yang tengah berkembang dalam tubuh. Radioterapi sendiri adalah tindakan terapi untuk kanker yang dilakukan dengan memanfaatkan sinyal radioaktif.

Pengobatan kanker payudara dengan cara radioterapi dilakukan menggunakan paparan radiasi tingkat tinggi untuk membunuh sel-sel kanker, menghambat pertumbuhan sel kanker, serta mencegah sel kanker datang kembali. Tindakan ini hanya berkonsentrasi untuk mematikan sel kanker pada area yang telah ditargetkan. Adapun biaya yang dibutuhkan untuk satu kali radioterapi adalah sekitar Rp2.000.000,-.

4. Terapi Hormon

Terapi hormon merupakan metode pengobatan medis yang biasanya diberikan kepada penderita kanker prostat dan kanker payudara. Sebab, kedua jenis kanker tersebut dipicu oleh faktor hormon. Pengobatan ini dilakukan dengan tujuan untuk menghentikan atau menghambat produksi hormon tertentu supaya pertumbuhan sel-sel kanker bisa dihentikan.  Biaya terapi hormon sendiri cukup bervariasi, namun rata-rata biaya yang harus dikeluarkan adalah sekitar Rp30.000.000,- hingga Rp70.000.000,-.

5. Terapi Target

Terapi target adalah pengobatan kanker payudara yang dilakukan menggunakan obat atau zat lain. Obat-obatan tersebut diarahkan untuk menghentikan pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker tanpa merusak sel sehat lain yang ada di sekitarnya.

Maka dari itu, metode ini dinilai lebih efektif dibandingkan dengan metode pengobatan kanker lainnya, seperti radioterapi dan kemoterapi. Bicara soal biaya, terapi target umumnya memiliki biaya sekitar Rp20.000.000,- hingga Rp80.000.000,-.

Biaya pengobatan kanker payudara memang cukup mahal. Bahkan, ada banyak kasus kanker payudara yang menghabiskan biaya pengobatan hingga ratusan juta. Lantas, bagaimana caranya agar bisa memenuhi biaya pengobatan apabila terdiagnosa penyakit kanker payudara. Caranya adalah dengan memiliki asuransi penyakit kritis mulai dari sekarang.

Asuransi Critical Illness atau asuransi penyakit kritis merupakan perlindungan khusus penyakit kronis seperti kanker payudara yang akan memberikan pertanggungan biaya saat terdiagnosa penyakit tersebut. Nah, kamu bisa mendapatkan produk ini dengan mengakses laman Asuransi Penyakit Kritis Wanita.

Terdapat 3 (tiga) pilihan produk perlindungan yang bisa Klik People peroleh, yaitu Asuransi Penyakit Kritis Wanita, Asuransi Penyakit Kritis Pria, dan Asuransi Penyakit Kritis Umum. Asuransi penyakit kritis wanita bisa kamu manfaatkan apabila terdiagnosa mengalami penyakit kanker payudara atau penyakit kritis wanita lainnya. Dengan memiliki asuransi yang siap menyediakan pertanggungan, maka biaya pengobatan kanker akan lebih ringan.

Mencegah penyakit kanker dengan menjalani gaya hidup sehat merupakan kewajiban bagi semua orang. Namun, melindungi keuangan dari bahaya penyakit kanker dengan mempunyai asuransi kesehatan juga tidak kalah penting. Maka dari itu, pastikan kamu memiliki asuransi penyakit kritis melalui Klikasuransiku untuk meringankan biaya pengobatan kanker payudara apabila nantinya terdiagnosa penyakit tersebut.

Artikel Lain Yang Bisa Membantu Kamu

7 Pola Hidup Sehat yang Kamu Bisa Ikuti

5 Tanda Kamu Memiliki Kanker Rahim

EMPAT KEBIASAAN SEPELE YANG DAPAT MENJADI PENYEBAB KANKER

Intip Manfaat dan Jenis Olahraga Lari yang Bagus Untuk Kesehatan

Pentingnya Asuransi Kesehatan Menurut Yusuf Sutarko


Share :





Artikel Lain


Saat ini Indonesia berada di peringkat kelima negara dengan kekurangan gizi sedunia. Data Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa saat ini sekitar 900 ribu jiwa dari total 23 juta balita di seluruh Indonesia menderita kekurangan gizi. Dampak kekurangan gizi buruk tersebut tak hanya berimbas terhadap bentuk tubuh yang pendek maupun kurus, namun juga berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan sehingga ikut menurunkan kualitas sumber daya manusia.

Selengkapnya

Menjaga kesehatan anak di era digital mengalami banyak tantangan. Maraknya perkembangan teknologi dan gawai canggih membuat orang tua mesti putar akal agar anak-anak mereka tetap aktif dan sehat. Pasalnya, saat ini anak kian betah berlama-lama bermain dengan gawai. Akibatnya, anak akan menjadi tidak aktif dan mengalami perkembangan motorik yang lambat.

Selengkapnya

Tanggal 10 Oktober lalu bertepatan dengan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Seluruh dunia mulai membahas pentingnya kesehatan mental seperti depresi, stres, gelisah dan perubahan suasana hati. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia yang hidup dengan depresi.

Selengkapnya

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran

Disclaimer | Copyright 2018 PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh

Follow Us
Version 2.3.5

Powered by
Member of Sinar Mas

Pilihan Pembayaran


PT Asuransi Simas Jiwa telah terdaftar dan diawasi oleh
Follow Us
Copyright 2022 PT Asuransi Simas Jiwa
Version 2.7.0
klikasuransiku.com - 2022